Tentang Oli mpx 1,adakah yang pernah seperti ini?

agan2 sekalian…. ane pngn share nich…

Spoiler for ahm oli: Hide
Baru saja ada seorang sahabat ane yang datang ke saya dengan keluhan mesin motor Honda Supra x 125 miliknya kenapa berisik sekali padahal mesin masih standar, servis selalu rutin dan oli diganti secara rutin dan sebelum ketempat saya,tadi siang dia baru saja kebengkel resmi dan kata mekaniknya setang sehernya yang kena. Mendengar ceritanya,saya heran sekali,kenapa setang seher bisa kena padahal mesin standar,servis dan ganti oli rutin tapi kenapa bisa kena setang sehernya? Kemudian saya nyalakan motornya dan memang bener,suara berisik itu dari setang seher tapi tetep saja saya masih heran kenapa bisa kena? Kemudian sahabat ane tadi menunjukan buku manual sebagai bukti bahwa dia memang servis dan ganti oli secara rutin tapi setelah ane lihat lagi oli apa yang dia pakai dan dia pakai oli itu 2000km, ane langsung punya pikiran yang terburuk,kenapa ane punya pikiran seperti itu,karena eh karena dia memakai oli MPX 1 dan ane punya pengalaman pahit terhadap oli ini karena oli ini cepat sekali menguapnya dan gara-gara oli ini ane jadi bongkar mesin buat bersihin geram-geram besi yang terkikis dan menyumbat jalur oli ane, padahal ane baru pakai oli mpx 1 dengan jarak tempuh 1000km dan untuk membuktikan benar atau tidaknya pikiran ane, ane ambil tang dan ane buka tutup olinya, kemudian ane cek olinya dan hasilnya mencengangkan, alat penunjuk volume olinya hanya sedikit terkena oli, ane hampir tidak percaya dan ane keringkan alat penunjuknya dengan tisu hingga kering dan ane celupin lagi ke mesin dan alat penunjuknya masih sangat kering padahal seharusnya basah kan?? Dari situ ane tarik kesimpulan sekaligus menjawab pertanyaan yang membuat ane penasaran banget, yaitu oli dalam mesin menguap hingga hanya tersisa hanya 75ml dan itu sebabnya mesin berisik banget karena setang seher tidak terendam oli. Komponen lainnya seperti kampas kopling, seher, bagian head silinder juga tidak terkena oli sehingga menyumbang suara berisiknya juga. Sekarang motor sahabat ane sudah diisi lagi olinya tapi tentunya bukan dari mpx 1 lagi. nah ada kah yg pernah pake OLi tsb??? ane penasaran soalnya… mhn bantuannya ya gan…

UPDATE
Beberapa komeng yang pny pengalaman sama kyk TS
Spoiler for satu nasib: Hide
Quote: Originally Posted by vulvychint haha, oli yang katanya SANGAT MINIM PENGUAPAN n bisa dipake ampe 4000KM yak? share juga ah di Revo Absolute gw. pan dari awal keluar dealer uda dikasi th oli, belom ada 500km suara mesin uda mulai kasar. pas service 500km gw bawa ke AHASS, langsung ganti oli dengan yg baru n gw suru setel klep dkk n setel ulang karbu. selesainya ni ritual service pertama lgsg gw gas poll. ge test performanya n mentok di 98 kpj. . terus gw bawa dari rumah gw di Kembangan ke Tebet buat merasakan apakah mesin cpeet panas apa kagak, soal.na jalanan disana banyak yg macet n di GatSu bisa buat nyoba top speed. alhasil baru jalan 40km non stop, mesin gw uda panas banget, berasa ampe kaki n footstep. gw uda feeling oli.na kurang bagus, tapi melihat iklan di TV yang bilang MPX-1 bisa ampe 4000KM yaa gw bawa santai aja, maybe cuma perasaan gw. selang 1500km (ni motor adek gw yg pake tapi gw yang kebagian ngerawat ), gw pake lagi ni RevA setelah sebelomnya ane yg pake. gw pinjem ke tempat yg jauhnya sekitar 15km dari rumah gw dengan style mengemudi geber terus. baru jalan +/- 10km mesin uda kasar n terasa panas. gw uda curiga dari oli. pulang ke hum, gw langsung bawa ke AHASS n dibuka th nepel oli, keliatan bener th oli encer bener kayak aer, uda kotor kek aer comberan. n gw liat penguapannya banyak juga. gw mao ganti oli pake merek laen uda males kena anceman garansi gugur, ya uda gw pake MPX-1 lagi. tapi kali ini gw coba ekstrem buat membuktikan apa yg diiklankan, 4000km (kalo kurun waktu berarti 2x.na service biasa alias 4 bulan) setelah 4 bulan n naek sekitar 1800km, adek gw minta ni motor diservisin lagi ama gw, dan kali ini gw tap sendiri oli.na di rumah. gw buka dipstick oli.na n apa daya KERING gan th ujung dipstik padahal ni motor cuma dipake dr hum ke skul yang PP setiap hari cm 16 km. gw tap oli.na n yg keluar paling cuma 200ml. sejak saat itu gw ogah dah pake MPX-1, gantinya merek laen yang sedikit lebi kentel tapi uda Semi Synthetic. hasilnya mesin lebih halus, suhu mesin JAUH tereduksi. penyusutan? sangat minim.
MAAPKAN SAYA PAK,BU,PAKDHE,BUDHE,KANGMAS DAN MBAKYU.TULISAN INI SAYA COPAS MENTAH2 DARI SINI,http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4466272 .MOHON MAAP BELUM IJIN AMA TSnya DIKARENAKAN SAYA BELUM PUNYA ID KASKUS.(kalo sampeyan punya id kaskus tolong tsnya dikabari ya,makasih)

Apakah sampeyan juga punya pengalaman yg sama?Monggo di share..

Cheers,

Lekdjie

”mugi-mugi sampeyan
sakaluwargo tansah
pinaringan rohmat&hidayah
saking Alloh azza wa
jalla,sehat wal afiat,jembar
rejeki,tata titis tentrem
rahayu,gemah ripah loh jinawi″

-sbg bonus monggo dinikmati pecel sayur+tahu goreng-

Penulis: lekdjie mumet-ndhase.com

kurang piknik,perlu banyak jalan-jalan..

45 thoughts on “Tentang Oli mpx 1,adakah yang pernah seperti ini?”

  1. aha,,, saya juga mau share nih pakde, tentang honda blade saya:mrgreen:
    dulu saya pake nya oli MPX juga, harganya 30 ribu pas, servis rutin, tapi memang gitu, kalo udah mentok 2000 km tuh rasanya mesin brisik, galak tapi kerasa banget kompresi turun, aneh kan, padahal tulisannya 4000 km, akhirnya nyobain oli federal, harganya 28 ribu, cuma bisa 2000 km aja, alhamdulillah, tarikan enak, akselerasi mantap, top speed nambah, bisa 101 kpj, trus yaaa,,, itu dia, konsumsi bensin sekitar 2-4 km lebih dikit daripada MPX,,,
    thanks lekdjie

  2. hmm…tadinya ane mau ganti pake MPX1, tp melihat pengalaman spt ini…ga jadi dech…!!
    ane pake shell semi yg bungkusnya warna kuning. masih lumayan enak, walaupun aga ga yakin soalnya harganya cuma 45rb. sedangkan shell advance yg bungkusnya warna biru harga aslinya 180an. tp ditempat ane biasa beli harganya cuma 65rb.

  3. mpx1 klo utk supra memang nga direkomendasikan klo menurut kawan2 digrup fcbook, mending pake yg 10-40 merk lain,saya sendiri dah pindah kelain,soale mesin berisik bgt. Klo mesin honda paling aman pake oli suprame xx (untuk yg oli genuine)

  4. aku pernah pake oli MPX1 1 liter, walah tobat tenan..gara2 olinya AHM aku harus turun mesin habis ratusan ribu…msalahnya oli nguap di mesin karna terlalu encer (SAE 10-30)akhirnya malah pistonnya baret karna kurang pelumasan..hadooohh tobat tenan lek..jare iso 4000 km..wes mesinne kasar nganggo oli kuwi,,tak saranin yg belom coba olinya AHM jangan pernah nyoba,,,

  5. Hahahaha…
    Oli MPX 1 di kalangan cysers amat sangat tidak di anjurkan…
    Gw pribadi Rekomedasi pke Motul H-Tech 10W 40 utk yg sayang motor
    tp klo kantong lg pas”an ga ada salah ny jga pke Castrol Power One 10W 40 yg warna ny emas…

      1. katanya sih suruh pake SPX1.jujur sampe sekarang belum pernah pake MPX1 ataupun SPX1.

        *masih stok oli Shell & Pertamina*

  6. hehehe..begawan dah pernah sharing masalah MPX di 5osial.wp….MPX a.k.a idemitsu bagus untuk motor yang memang clearennya kecil…motor lama yang sudah oblak jangan sekali2 pake..karna koefien geseknya minim (emang dirancang bauat responsibility)…celah kecil di ring piston akan membuat oli mbrabas…saat pembilasan pada liner silinder juga rentan menguap!! kondisi stop en go membuat mesin bersuhu tinggi..oli ini gak cocok deh…….beda cerita kalo mesin ente pendinginan pake liquid……soalnya ane dah pake idemitsu dari tahun 2000/2001…dulu buat terjun road race yang cuma 10 lap…itupun kampas kopling pasti hangus…hehehehe

  7. @martini oh gitu yak gan .thx infonya😀

    nitip lapak bagi yang pengen liat foto HOT para rider bareng pasangannya
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/12/foto-foto-hot-para-riders-bareng-pasangan/
    Kumpulan Gambar Modifikasi Yamaha Byson
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/11/kumpulan-gambar-modifikasi-yamaha-byson-update/
    Honda CBR 250R dibanderol 46-50 juta
    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/13/pesan-di-jms-honda-cbr-250r-dihargai-rp-46-50-juta/

  8. untuk motor dengan technology lama seperti gl series dan c series akan sangat berbahaya pakai olie terlalu encer. Untuk cs1 juga gak rekomen, kelihatannya additive untuk engine treatmentnya kurang bagus. jauh lebih bagus enduro dibanding nih olie. Mau tahan sampai 4000 km ? jangan pakai tuh olie lebih baik motul h-tech 10w40 full synthetic terbukti tahan sampai 4000km

  9. udah pernah make di vixion gw..hasilnya..benar2 ga recommended..mesin kasar,cepat panas, akselerasi lambat n top speed susah…baru pakai 2 hari langsung ganti pakai enduro racing 4 tak..so far,so good..

  10. ane pake Kawasaki Edge.. oli rekomend dr kawak 10w-40.. tapi kemarin tak coba jejalin oli AHM MPX 1.. bagus kok buat harian, tarikan enteng cuman kalau dipake touring lebih dari 100KM dibawa 90 KPJ aja dah geter motor, biasane ora, tau penyebabnya ntu oli atau bukan.. so far tetap pake oli ini orang buat harian ini bukan buat touring.. mantap bos tarikan ama gejala pagi susah start gak ada lagi.. ini dah kepake 500Km gak ada masalah

  11. Ane jga mau share nih tentang reva ane yg pke mpx1 jga…
    Sekarang reva ane susah klo nyampe 100kpj,msin agak cepet panas,kadang slip kopling…
    Tapi ane nih lagi coba 4000kmnya skrang dah 2000lbih tpi feelingny gak enak,msi cpet panas!
    Lebih enak federal,jdi pngalaman ane mirip bro mercon!

  12. lek, setahu ku MPX1 itu buat matic lho…… pasti …..beda kalo buat matic
    kalo yg buat engine biasanya bebebk/ -sport MPX2 selama ini paijo ku pake MPX2 alhamdulillah ga ada masalah

  13. waduh mosok sih..?? ak baru sekali ini pke MPX1 lek, kepepet juga sih pake itu soalnya biasa pake BM1 pas itu ga ada,, sejak habis lebaran mpe sekarang lom tak ganti,, kayae find2 aja sih,, soalnya jarang tak pake geber2an top speed gitu,, tp nice info,, ntar tak cek volume olinya deh,,,

  14. tiger ane jebol pertama kali juga gara2 oli…tinggal sepertiga hihihi….
    tapi oli ngaru bgt dab..ane pake cap kerang, awalnya pake yang 20, pas ganti ke yang 15 aja dah berasa beda..padahal cuma lebih encer satu step dan sama merknya tuh…
    oli mahal dikit nggak papa lah…banyak untungnya malah..

  15. HSX 125 ku taun 2008 n sjak awal pake supreme xx sampe skarang dah 89rb(maklum tiap hr d pake adik nyales) km ga pernah turun mesin cuma ganti ring seher, klep n kampas kopling 1x

  16. melu2 urun rembug nggeh lekdji…
    perihal keluhan oli mpx-1 mbikin mesin panas, cepet nguap dst ky beberapa paparan di atas, sepertinya itu karna oli tsb memang terlalu encer, sehingga pas d aplikasikan pada mongtor produksi lama (kisaran tahun 2005 kebawah) dg clearance antar komponen yg cenderung msh besar, akan cepat nguap dwuonk..
    oyha…kalo boleh tau, kode API utk mpx-1 apa yha..!!?
    biasane, kalo kode API sdh SL/SM, memang d peruntukan bagi mesin dg taun produksi di atas taon 2005 yg dg seiring majunya system perakitan mesin, makin hari clearance antar komponen makin kecil..
    rata2 oli dg API SM/SL, lebih encer dr yg API SG/SJ.
    mangkenyeee…ketika oli encer d pake d mesin keluaran lama (yg rata2 clearance antar komponen lebih besar/renggang di banding mesin keluaran terbaru) akan kurang cocok.
    lhuaaa….ati2 pilih2 oli gan…!!
    g slamanya oli mahal mesti bagus..!!!
    meski mahal, kalo g sesuai dg tipikal mesin, yho podo karo mbuang duweeeeeeeeett…!!
    contoh kasus…., seeeeeeeeekk… bersambung…!!
    t ngudhut disek…😀

  17. sambungan dhukur iku :
    pengalaman pemakaian oli, slama 2 taon grand ’92 inyong nyaris g pernah d tap oli.
    cukup d tambah.., d tambah.., d tambaaahh.., gt aja.
    g pernah yg namanya rewel tuh mongtor.
    kalopun ganti oli, paling jg cuma t kasi oli cap Tong-ONE😀 yg seliter cuma 15-18an rebu.
    lain crita dg sonic-125 kelahiran 2001, dr awal d kasi motul, pas coba2 pake olinya pedrosa yg hrg 35rebuan, ternyata g whuenak d pake.
    slalu aja olinya nguap.
    baru d pake sktr 1500km, mesin sdh kasar, pindah gigi jg alot. pas d cek ternyata olinya berkurang.
    pdhl, slama pake motul, d geber kenceng2an hingga 2500an km baru terasa gejala pindah gigi alot, tp mesin tetep alus.
    bersambung maneh,
    t nyruput wedhang disek yho lek…djiiiiiiii…😉

  18. halaman terakhir lek…, sssuuuuuuuummpah g nambah nyampah neh…!!
    berbagi pengalaman aja, bagi yg sayang mongtor, sebaiknya selektip dalam milih oli.
    jgn mudah kemakan iklan, pelajari dulu sblm menentukan pilihan.
    sonic-125 inyong nyaris ganti kamprat/rantai keteng gara2 oli nguap, untung segera terdeteksi, jd kamprat msh bisa slamet dg d stel lg.
    akhirnya, tetp setia kasi minum motul buat sonic.
    utk revo, cukup kasi supreme uda ammman jaya.
    utk kendaraan perang grand ’92, maksimal kasi tong-One wes JjjoooozzGannndhooooooosss…..!!!
    buat penonton sekalian, selamat klengngeeerrrrr mbaca komenku seng koyo sepur dawane…😀
    piss….!!!😉

  19. new honda blade saya mesin cepet panas, Oli MPX-1 kayaknya banyak yang mengeluhkan daripada yg tidak, sayang tidak ada penjelasan resmi dari keluhan2 ini, saat ini saya lebih condong pake 20-50 daripada pake 10-30 (MPX-1) untuk motor saya yg masih baru (baru datang kamis 11/8/11 kemarin)

  20. kalau bicara tentang oli mpx 1 terus terang saja aku jadinya trauma dengan oli yang satu ini. olinya encer dan buat mesin revo ku bunyinya jadi kasar.

  21. Wah padahal ane sudah 2 tahun pake mpx1 di motor bore up aman2 saja bro, justru cenderung cocok lho. Hanya saja memang perlu sering dikontrol krn ini oli encer cepat sekali menguap.

  22. Saya beli honda revo fit pgm fi. Km dah ampe 3000. Awal2 mesin ane alus bin mulus. Dah ganti oli 2 kali pake mpx 1. Pas pergantian pertama mesin dah meraung raung ditarikan atas n makin meraung kaya macan klenger. Nah pas mo ganti oli ke 2 ane baca2 situs net. Ada semacam oil additive ato oil treatment buat bikin oli jd makin yahud. Ada yg merek nano energizer,ane langsung cari ke bengkel2 terdekat tp gd yg jual. Tp ada yg nawarin produk laen yaitu jumbo oil treatment. Nah ane coba deh campur tuh pas ganti oli ke 2 n tetep pake mpx 1. Ane geber langsung mesin trasa lebih halus kalem g kasar lagi. Tp efeknya cuma sktar 500km mesin dah mulai rada kasar lg tp tak se meraung dahulu sih.

Tinggalkan Balasan

