Ini kenapa ya,dab?

Ban belakang kebo saya cukup sering mendapat cobaan pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu…Sering sobek pada pentil dopnya seperti ini..utamanya sehabis hujan…

Ada apakah gerangan?Apakah sampeyan mengetahuinya?

Cheers,

Lekdjie,dab!

”mugi-mugi sampeyan sakaluwargo tansah pinaringan rohmat&hidayah saking Alloh azza wa jalla,sehat wal afiat,jembar rejeki,tata titis tentrem rahayu,gemah ripah loh jinawi”


Penulis: lekdjie mumet-ndhase.com

kurang piknik,perlu banyak jalan-jalan..

17 thoughts on “Ini kenapa ya,dab?”

  1. itu artinya tukang pasang ban dalem nya krg rapi pakdhe…. ime (in my experience:mrgreen: )

    sewaktu ganti ban dalem ‘pentil’ nya tidak tegak lurus terhadap lobang yg ada di peleg… trus di baut yg kenceng gt aja..

    padahal di dalemnya, tube alias ban dalem nya masih sedikit terlipat, walhasil setelah di isi angin lipatan tadi terkonsentrasi ke pentil..

    cara mengatasi, ketika ganti ban dalem baru, coba jgn lgsung di kencengin baut pentil nya.. tapi kendor aja tidak lurus 90 derajat biarin, isi angin sedikit, trus puter ban pake tangan sekuat2nya ke arah yg berlawanan sudut pentil…
    lalu hentikan putaran ban dg cara di-rem mendadak

    ulangi sampai yakin benar bahwa pentil dan ban dalam sudah tertata rapi di dalam ban luar…

    lho.. kok malih menggurui ngene rek..???
    sepuranya halaaagh… sepurane ya paklek😆

  2. bisa juga terjadi karena peleg sudah waktunya ganti, karena karat2 bagian dalam sudah bikin permukaan peleg bagian dalem jd tajem:mrgreen:

    tapi kok 2 pengalaman saya ini gak ada yg berhubungan dg musim hujan ya? hahahaha😆

    oh atau kasus lain (masih ime nih)
    karet ban luar sudah mati, alias keras sudah luuuama sekali gak ganti ban luar dg pertimbangan kembangan nya masih OK (gak tipis) tetapi ternyata karet kembangan ban tidak tipis dkarenakan sudah mengeras alhasil bukan tambah tipis tapi tambah keras dan retak2

    efeknya jika tekanan angin rd berkurang tidak akan terasa oleh kita karena ban luar yg keras.. yg jadi korban adalah dop pentil ban dalem sobek😀

  3. kurang angin bro…motorku yang jarang tak pake semua kena kasus sama kayak sampeyan!! begitu gembos nekat ditumpaki..udah deh pentil geser…wassalam..alias ketempuan beli ban anyar!!

  4. pake ban andong dijamin anti bocorrrr!!!:mrgreen:
    tapi memang sekarang susah cari ban dalam yang kualitasnya OK!
    rekomendasi dari tukang tambal ban di daerah saya sekarang yang bagus ban dalam merk FDR, yang lain kurang sip!

  5. yah…gini aja ga tau

    itu jaman gw SD-SMP udah ngerti, itu karena pentil ban sering miring, karena kempes dipaksa jalan, belum lagi masang ban dalamnya ga lurus pentilnya, belum lagi ring/baut untuk ngencanginya kurang kencang

    glodhak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s