nginTips:Ayo mudik,Dab!

1.PERSIAPKAN MOTOR SAMPEYAN..

Lebaran sebentar lagi pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Berarti saatnya mudik..mulih ning udik nih..Pulang kampung untuk sungkem pada simbok dan bapak yg telah lama ditinggalkan..Bagi sampeyan yg terpaksanya mau memakai sepeda motor,kali ini saya mau berbagi pengalaman.Siapa tau berguna.

Yg pertama,persiapkan motor anda.Yg jelas,kondisinya harus fit..
-mesin harus oke.kalo menurut saya sih lebih baik diservis dari sekarang,1 atau 2 minggu sebelum berangkat,dengan alasan mesin dalam kondisi setelan paling nyaman pas dipakai saat hari H(biasanya sih,setelan sehabis keluar dari bengkel resmi agak-agak gimana gitu..).terlebih jika mepet,pasti antriannya mirip antrian atm.jangan lupa,berhubung perjalanan jarak jauh,lebih baik setelan standar saja untuk ketahanan mesin-daripada setelan balap yg mengutamakan kecepatan tapi menyiksa mesin

-demikian juga kalau ganti kampas rem baru..biasanya,kalau kampas baru kurang pakem saat dipakai,kurang ‘lamak’ kalo orang ndeso bilang..

-lampu wajib nyala,sein dan klakson.jangan lupa,walaupun siang hari lampu utama harus menyala.terutama di pantura dab..saat mau menyalip mobil dan truk-truk gedhe itu

-hindari penggunaan asesoris motor yg memang mengganggu pengendara lain,seperti klakson trailer,lampu strobo,lampu rem putih dan lain-lain..hindari juga barang bawaan yg berlebihan..repoot bu..harus pakai boks sana sini.selain susah bermanuver disinyalir juga berpotensi menyiksa kinerja mesin

-direkomendasikan penggunaan motor laki.kenapa?tangki lebih besar kapasitasnya,berarti tidak perlu sering-sering mampir ke SPBU.posisi duduk pengendaranya lebih nyantai,utamanya yg bercap honda-yg menurut kabar angin makin panas mesinnya makin jos.kalo merek lain yamaha scorpio(rawan ambles kalo boncengan,tapi tenaga garang),vixion(harus rela minum premium pantura,tapi lebih irit),ninja(siap-siap kantong kering,tapi lebih cepat larinya),suzuki thunder+pulsar(ndak tau keterangannya nih…).dengan sering main-main gas-rem dan kopling manual,sampeyan dituntut lebih konsentrasi sehingga tidak cepat mengantuk.trus tenaganya lebih gedhe..dengan bodi yg wanteg pula-lumayan untuk menahan serangan angin pantura yg suka bikin geol-geol.
Untuk bebek,lebih baik memakai yg ber-cc 125cm3 ke atas.tapi tetep harus sering istirahat,karena ergonomi yg menyiksa.untuk metik,sampeyan wajib waspada karena hanya mengandalkan rem bawaan tanpa ada engine brake,apalagi rawan mengantuk..utamanya yg memakai jalur selatan..

Bersambung..

Cheers,

Lekdjie,dab!

”mugi-mugi sampeyan sakaluwargo tansah pinaringan rohmat&hidayah saking Alloh azza wa jalla,sehat wal afiat,jembar rejeki,tata titis tentrem rahayu,gemah ripah loh jinawi”


Penulis: lekdjie mumet-ndhase.com

kurang piknik,perlu banyak jalan-jalan..

22 thoughts on “nginTips:Ayo mudik,Dab!”

  1. manteb lek, koyo dalang:mrgreen:
    tp nek bawa barang, mndingan pake box, daripada pake kayu dirakit di behel, terus tasnya diiket di kayu tsb. Iiiih, medeni dab👿
    lha lekdjie mudik mboten?

  2. apa menggunakan jasa ekspedisi saja lek??…toh motor+orang sekaligus di angkut sampai tujuan…santai dan aman..cepet sampai tujuan juga…lan ora pegel2…xixixi:mrgreen:
    -Simbol kepraktisan-

  3. Salam kenal dari komunitas keluarga miskin yang mearantau dan SEMOGA BISA MUDIK.
    Semoga berkenan berkunjung ke blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis
    Terima kasih

  4. mudik paling enak jalur selatan om,,ora marai ngantuk koyo pantura(isone mung gas pol wae anteng,,semilir keno angin haduuhh…)
    nek lewat selatan kan asik,,dalane kelak kelok dadi yo ra ngantuk,sekalian mbok pengin njajal gayane palentino rossi nek mbelok karo miring miring wkwkwkw

  5. selamat pagi.salam kenal
    bwt yg mudik, slmat jalan.pererat silaturahmi dgn sanak keluarga di kampung, asal ibadahnya jgn tertinggal slm di prejalanan..
    Jgn lupa bawa oleh2 mudik.cari yg murah namun unik,exklusif dan ga banyak dipasaran,mampir saja ke blog saya utk melihat2 koleksi oleh2nya, muda2an bisa membantu anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s