lelang motor,dab!

Hai hai,setelah sekian lama absen gara-gara opmin5 yg error(atau hp ku yg mulai kelebihan muatan ya?!) akhirnya bisa kembali bersemprul ria..Kali ini saya akan mengetengahkan acara lelang motor pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu..Sesuai dengan gambar iklan tersebut.

Sebenarnya saya belum paham betul yg namanya lelang motor ini.Bagaimana prosedurnya,bagaimana prosesnya saya ndak tau babar blas.Mungkin sampeyan yg punya pengalaman lelang-lelangan begini bisa memberi tahu saya…La terus?Begini pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu..Setau saya sih(semoga saja benar..) motor yg dilelang adalah motor tarikan dari kredit yg macet.Artinya,bila sampeyan kredit motor baru,tapi di suatu saat sampeyan absen membayar cicilan hingga beberapa kali maka biasanya motor anda diambil lagi oleh pihak leasing(pemberi kredit)..nah,pihak leasing itulah yg akhirnya melelang motor sampeyan itu.Mungkin untuk membuat aliran modal terus berputar..

Jadi,nalarnya motor yg dilelang itu termasuk motor bekas alias second hand,yg kalo orang ndeso macem saya bilangnya jadi sekenan..Tapi,walau seken,kondisinya belum lama-lama banget.Yah,tergantung macetnya kreditan sampeyan-sampeyan itu.Ada yg kurang dari setahun,ada yg lebih dari setahun.Bagaimana kondisinya?Kalau yg ini menurut kabar berita burung yg beredar sih patut diwaspadai.Maklum dab,di jaman sekarang ini banyak orang-orang yg jahil methakil koyo buto cakil ngemut penth……ung!Berhubung sudah tahu kalau motornya mau ditarik pihak leasing,beberapa bagian mesin pun kadang digarap,semisal karburator diganti,knalpot aslinya ditukar,pistonnya disubstitusi,kampas koplingnya diambil satu,cdi nya diganti platina,tutup pentil diembat…Eh,dari pihak leasing juga ikut-ikutan..entah cakramnya,entah joknya atau mungkin bodi-bodinya,walah(n.b:ni cuma khayalan saya saja,mungkin benar tapi semoga saja salah…).Yg jelas,berhati-hati dan cermat memilih menjadi kunci utama.

Tapi,keuntungan yg diperoleh peserta lelang adalah harga yg ditawarkan cukup miring,terjangkau.Cocok buat karyawan pt cap kontrak yg dananya mepet tapi berkeinginan membeli motor seken tapi masih agak-agak baru tampilannya.

Bagaimana,sampeyan pengin ngikut juga?

Eh,ngomong-ngomong kok motor yg dijadikan model adalah yamaha ya?Menurut sampeyan,ini pertanda apaan ya?
A.yamaha menjadi motor baru yg paling dicari tapi banyak yg ga sanggup bayar kredit
B.banyak pengguna yamaha yg dah bosan trus ngambek mbayar kreditannya.
C.menurut sampeyan?

Cheers,

Lekdjie

Photo pada poster iklan sebuah lelangan motor di cikarang,dengan se k630

lubang intai lagi,dab!

Mari kita berbicara tentang lubang intip lagi pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Jika yg dulu itu lubang pengintai minyak rem belakang cakram punyanya si raja bebek,maka kali ini saya jepretkan sebuah lubang intai lagi.Nah,coba tebak…punya siapa ini?

Menurut saya,teknologi yg bermanfaat bagi orang awam macam saya ini tidaklah usah yg terlalu ribet bin ruwet.Yg pakai sistem kemputer lah,yg pakai sensor inilah,yg pakai dobelkem lah,dobel busilah,dobel klep per lubang isap dan lubang buang lah…(biasa mas,orang ndeso..selalu mikir,kalau yg satunya mati/rusak pasti motornya tidak bisa dijalankan.apalagi kalau mengingat jumlah partsnya yg tambah banyak,yg berarti tambah banyak duit yg harus dikeluarkan..hahaha…maap ya,tidak bermaksud menyinggung nih..).Soal bertenaga atau tidak,kenceng atau lamban..ah,itu bukan tujuan utama..Yg penting,motor bisa jalan,bisa dipakai berangkat kerja mencari nafkah(syukur-syukur bisa mendapatkan jodoh),tidak rewel,gampang dirawat,gampang diperbaiki kalau lagi ngambek di tengah jalan..irit,aman dan mudah dikendarai.

La kok malah curhat…Balik ke topik lagi deh.Nah,salah satu teknologi sederhana dan tepat guna ini,kita dapat dengan mudah melihat kondisi oli mesin.Apakah masih layak dipakai atau malah sudah tak tersisa sama sekali,mudah kan?Yg jelas,kalau yg lain sih cuma mengandalkan dipstik(deepstick-kalau tidak keliru..batang penunjuk ketinggian oli itu lo…).

Sekian dulu.Semoga bermanfaat.

Cheers,

Lekdjie

Photo dengan se k630..

ketemuan,dab!

Berawal dari smsnya mas M.Iskhak alias Shark sang informan yang datang ke henpun saya pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Berhubung mas Nurhidayat a.k.a snalpot 99 yg telah kembali dari acara nikahan beliau di kampung,bagaimana jika diadakan acara ketemuan antara pembaca Indomotoblog Cikarang…Setuju!Langsung saja diterima dengan suka cita.Setelah dihitung-hitung,keluarlah tanggal 18 april kemarin.Maklum,jadwal kerja beberapa PT ternyata hampir sama:hampir tidak ada liburnya,jadi harus¬† mencari sela-selanya.

Akhirnya,minggu sore sekitar jam setengah 5 saya berangkat untuk menghampiri mas hiu,yang ternyata ditemani sang nyonya.Lalu GL saya pun mulai membuntuti Kawasaki Athletenya mas hiu untuk menuju kediaman mas Nur di Perum BCL,Lemah abang-Cikarang.Setelah sampai,ternyata masih harus bertanya beberapa kali untuk mencapai lokasi,yah namanya saja masih belum paham bener daerah situ.

Singkat kata singkat cerita,mas nur langsung menyamperin kita untuk menjemput.Langsung dibawa ke rumah.Diperkenalkan kepada nyonya beliau yg ternyata juga bernama nur.Oalah,nyari jodho kok pakai sama-samaan nama..Setelah perkenalan,langsung saja mengobrol ngalor ngidul tentang dunia pengeblogan motor,tak lupa agak ngiri dan nganan sedikit tentang pekerjaan masing-masing,yg ternyata juga tak jauh dari dunia motor…Tak lupa ditemani uborampenya yang berupa kopi,aqua,kacang bawang,roti mandarin,emping dan bakpia pathok..Diselingi sholat maghrib,lalu lanjut lagi ngobrolnya.Eh,ada racunnya juga ding,berupa gambar-gambar acara pernikahannya di kampung itu,yang tersimpan di laptop….hiks..(kapan ya bisa nyusul….)

Dalam kesempatan itu,mas shark yang termasuk sesepuh komentator terlihat lebih banyak yg memberikan ide-ide ke depannya,mencari para komengtator indomotoblog di sekitar cikarang bekasi untuk dikumpulin jadi satu..Jangan heran,la wong dia salah satu informan blogger terkondang saat ini.Beberapa nama sudah jadi sasaran..Walaupun masih bamyak juga yg belum terdeteksi…

Berhubung waktu sudah mulai larut,akhirnya kita minta pamit undur diri dulu.Tidak enaklah pada pasangan pengantin muda itu,yang baru hangat-hangatnya..Apalagi,malamnya mas nur harus memenuhi kewajiban PT-masuk shift 3..Dan,sebagai barang bukti acara ketemuan itu,di akhir acara dibagikan stiker proyek iseng saya.Ya ,siapa tahu dapat menjadi pengusir tikus-tikus di kontrakan….

Demikianlah laporan silaturahmi kemarin.Berhubung masih belum banyak yg berkumpul,harap maklum adanya.Cuma 3 orang saja dulu.Mungkin dengan pancingan ini akan muncul lebih banyak lagi ke depannya.

Cheers,

Lekdjie

photo dengan se k630,yang punya keterbatasan pada penjepretan di malam hari.Jadi bukan lampu rumahnya masdab snalpot99¬† yg mblereng lo…

Jika macet,dab!

Apa yg sampeyan lakukan jika terkena dampak kemacetan pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu?Sudah panas,berkeringat,pengap,bau asap,debu,kerikil,pasir,batu,kucing,anjing….semua jadi satu…

Ada yg esmosi,ada yg frustasi..ada pula yg beraksi..lirik sana lirik sini..takut kalau ada polisi,sebab helmnya belum SNI…hi..hi..hi..
Namun,jangan cuma melamun,trus manyun..atau bermain-main dengan henpun..bisa-bisa direbut penyamun yg suka ketimun…

Mendingan senyum saja,dab.Selain mendapat pahala,siapa tahu cewek disamping sampeyan tertarik…Ya,bila ceweknya dah punya suami,mungkin bisa dapat adiknya yg cewek pula,mungkin teman-teman ceweknya juga..atau temen ceweknya dari temen temennya itu..(ngarep tenan…)..Yah,paling tidak kalau yg diberi senyuman pak polisi,sampeyan bisa dapet tilang..Ya iyalah,la wong senyuman sampeyan mencurigakan seperti itu…seakan memberitahu kalau sampeyan tidak punya SIM dan STNK..Jadi,kalau senyum yg wajar-wajar saja ya..

Cheers,

Lekdjie

Photo dg se k630

Honda Jadul,Dab!

Selamat berjumpa kembali dengan saya pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Semoga sampeyan semua sehat wal afiat tak kurang suatu apa.Tidak lupa,semoga sampeyan juga tiada bosan-bosannya untuk berkunjung ke dunia per semprulan saya ini..

Kali ini,kita akan tampilkan lagi salah satu koleksi kiriman dari Bapak Muhsin yang mengondangkan diri sebagai seorang BONSAI BIKERS,Bakul bonsai sambil mbikers begitu.Mungkin sekali beliau ini begitu tergila-gilanya dengan motor-motor ini,yang dijaman beliau begitu wah,jadi idaman kaum lelaki untuk menggaet kaum wanita.Mungkin salah satu impian yang tak terwujud dari beliau.Atau punya memori tak terlupa dengan sang dara kala senja bersama sang dua roda..Mari kita saksikan saudara-saudara..

Bagaimana?Keren ndak?Itulah deretan line up Honda padaera 70-80an,era dimana beliau lagi”on fire”,penuh dengan gelora membara..Eits,jangan salah,walau sekarang ketiga motor itu sudah keliatan tua..mereka ini masih cukup diminati lo.Selain semakin mahal karena sudah langka,mereka termasuk jajaran motor legendaris(catat:motor legendaris,bukan legenda yg cicitnya c70 yg gagal di pasaran itu…)

Cheers,

Lekdjie

Photo kiriman bp.Muhsin riyadi,juragan bonsai dari timur gunung lawu.Dikirim via fb.Matur nuwun pak….

striker,dab!

Menjelang kejuaraan sepakbola piala dunia,banyak bermunculan pernik-pernik yg berhubungan dengan bola sepak pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu..Tak ketinggalan,helm penutup kepala pun ikut ambil bagian.Muncul dengan motif bola,putih dengan totol hitam segi lima,khas corak bola sepak era 80-90an..

Untuk yg dijepret kebetulan berposisi striker.Sedangkan yg menjadi fullback,wing back,defensif midfielder,offensif midfielder,playmaker,attack winger atau keeper belum keliatan penampakannya.Demikian juga dengan coach atau manager-nya.Yah,sepakbola dikenal dengan urusan menceploskan bola ke arah gawang lawan,yg kebanyakan dilakukan oleh seorang striker.Jadi jangan heran,player of the year biasanya diberikan kepada striker..Harap maklum deh..

Hayoo…sampeyan tertarik?Yg jelas sudah sni lo..

Cheers,

Lekdjie
Photo se k630

awan lupus,dab!

Iseng-iseng njepret langit mendung di atas kawasan industri pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Hahaha,ternyata mendapat sebuah penampakan yg cukup menarik.Seperti siluet gambar trademarknya ‘Lupus’ si jambul pengunyah permen karet era 90an..tapi yg ini si lupus tampak lagi teriak:Aaaaaaaaaaa….!Mungkin dia kaget melihat si olga sepatu roda yg sekarang menjadi pria feminim…xixixi…

Bagaimana?Silahkan mencoba memotret sendiri…Siapa tau sampeyan dapat penampakan peta harta karunnya Deandels.

Cheers,

Lekdjie
Photo dg se k630.

tambal ban,dab!

Tidak dipungkiri,dunia persepedamotoran di Indonesia Raya negara kita tercinta ini memang begitu sangat cepat perkembangannya pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Terutama satu dekade belakangan ini.Selain dipicu oleh perbaikan tingkat ekonomi setelah terkena dampak krisis moneter 1.0 era ’98,ditambah laju pertumbuhan penduduk yg cepat juga perkembangan teknologi informasi yg benar-benar luar biasa dengan munculnya era tv swasta yg jor-joran mengambil paket acara olahraga bersepedamotor macam gp motor,demi memancing pemasukan iklan dari produsen sepeda motor.Alhasil,dampak sistemik yg akhirnya terjadi adalah perubahan besar pada polapikir dan polahidup masyarakat,utamanya di daerah yg perkembangan tingkat perekonomiannya cukup menonjol,dari anggapan sepeda motor sebagai barang mewah,barang kebutuhan sekunder menjadi barang kebutuhan sekunder yg ‘sangat mendesak untuk segera dipenuhi’…Ditambah dengan munculnya era kreditan sepeda motor dengan berbagai fitur menarik seperti uang muka yg sangat terjangkau,tingkatan me(n)cicil yg bervariasi-dari kelas berat sampai kelas agak berat,dapat disesuaikan dengan tingkat pendapatan,plus iming-iming hadiah menarik berupa payung,jam dinding,helm dan jaket berlogo dealer motor yg terpercaya..Sehingga,hampir di setiap rumah terdapat sebuah benda yg bernama sepeda motor…

Karena melihat potensinya yg cukup besar,tak heran bila investor penanam modal pun tak segan mengucurkan dollarnya.Dari penambahan plant-plant produksi baru bagi yg produsen yg lebih dulu eksis macam kwartet nippon,atau bahkan keberanian menampilkan brand-brand baru yg terdengar kurang familiar di telinga macam kymco,jialing,jincheng dan merek-merek negeri china lainnya.Bahkan dari negerinya orang bule pun tak ketinggalan,seperti brand hade,ducati dan aprilia group-dengan sasaran pasar yg berbeda tentunya..

Tapi,hukum alam rimba nusantara ternyata berlaku juga.Begitu banyaknya macam tipe sepeda motor yg ditawarkan,membuat konsumen pun cukup cerdas menentukan pilihannya.Sehingga dalam waktu singkat,produsen yg kurang memperhatikan faktor mutu produksi serta layanan penjualan,layanan servis yg memadai dan ketersediaan spareparts harus gulung koming sambil gulung tikar.Apalagi ditambah hubungan industrial antara karyawan dan pengusaha yg tidak harmonis,hasilnya adalah ditutupnya perusahaan itu.

Yup,Indonesia memang negara bhineka tunggal ika.Banyak cerita dari sebuah hal yg bernama pertumbuhan sepeda motor,yg katanya nomer tiga terbesar di dunia-setelah china dan india…

Cheers,

Lekdjie
Photo dg se k630,pada sebuah pos tukang tambal ban di sebuah bekas pabrik produsen sepeda motor di cikarang,yg digunakan oleh beberapa mantan karyawan yg tergabung dalam sebuah serikat pekerja.Dipakai untuk bertahan hidup sambil memperjuangkan kesejahteraannya,yg mungkin belum terpenuhi sebagai akibat dari ditutupnya perusahaan.Kalau tidak begitu jelas(ngeblur),ya maaf..karena waktu njepretnya ndak berani lebih dekat lagi(ga enak dgn mereka,yg ternyata juga meminta sumbangan para pengendara untuk meminta sumbangan).Jadinya ya cuma di pan+zum…

four,dab!

Hayooo,tebakan..Gambar apakah yg bertuliskan four ini pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu?Eng..ing..eng..tet toooottt,waktu habis…

Yup,inilah tutup dari penggerak kabel odometer atau rpmmeternya yamaha scorpio dab.Berhubung saya belum pernah lihat dalemannya saya juga tidak tahu apakah penggeraknya berupa gir atau puli.Sangat berbeda dengan honda sport series yg letaknya di crankcase-dekat tempat gigi transmisi.Sedangkan yg ini terletak di di blok silinder,dekat gir penggerak noken as.Tapi,yg membuat saya tertarik adalah tulisan FOURnya..yg dicetak langsung dengan ukuran yg lumayan gedhe..

Menurut penerawangan saya sih,tulisan ini mewakili era mesin 4 langkah dari motor sportnya yamaha indonesia,karena sebelumnya cuma memproduksi motor 2 langkah lewat rx series..Mungkin sampeyan lebih tahu,monggo dipun share..

FOUR:Faling Oye (tarikanne),(tapi) Uambles Redamanne…Hehehe,kira-kira betul tidak ya?

Cheers,

Lekdjie,dab!
Photo: se k630.

sni,dab!

Akhirnya pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu…dengan rasa biasa saja,tiada terpaksa dan tak bergembira pula,sebagai warga negara yg (maunya sih) baik maka dengan ini saya beritahukan bahwa helm saya sudah beremboss sni..

Bukan bermaksud takabur atau bagaimana,mungkin dengan tulisan ini bisa menyentuh hati sampeyan-sampeyan untuk memakai produk-produk buatan dalam negeri.Yah,hitung-hitung memberi jalan rezeki yg jualan,yg mengedarkan dan yg membuat, yg tak lain juga buruh-buruh kontrak macam saya..

Hihihi,padahal sih aslinya cuma sayang sama duit sih.Daripada 250ribu rupiah cuma ditukar selembar kertas tilang,mendingan ditukar sama helmnya sekalian.Masih dapat kembalian 90ribu rupiah,yg kalau di desa sono lebih dari cukup buat makan satu bulan…Biar dicap murahan,toh motor saya juga motor murah,sebanding lah…Sedangkan soal safety,mudah-mudahan standar nasional ini bisa dipertanggungjawabkan sambil pintar-pintar saja mengendalikan diri.

Bagaimana?Sampeyan mau menyusul?silahkan..Jangan lupa,berdoa sebelum anda berkendara,karena walau sampeyan memakai helm yg paling mahal sekalipun kalau sudah ‘waktunya’,tak ada yg bisa mencegah kuasaNya…

Cheers,

lekdjie,dab!

photo sni oleh k630